Sabtu, 17 September 2011

The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics learning with Some Teachig Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia

Title : The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics learning with Some Teachig Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By : Dr. Marsigit, M.A dan Ida Supami
Ikhtisar oleh : Dessy R. Fitriyani (09313244026)
Hari/Tanggal : Sabtu, 17 September 2011

Salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat proses belajar mengajar matematika menjadi menyenangkan, menarik dan terhubung dengan kebutuhan sehari-hari. Dengan memaksimalkan (optimalisasi) penggunaan beberapa alat bantu pengajaran dan alat untuk demonstrasi diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, yakni kesulitan siswa dalam belajar.
Dalam paper ini dituliskan mengenai penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah yang ditemukan di kelas 2 SMP 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia. Pendekatan dalam penelitian ini adalah memilih dan menggunakan alat bantu mengajar yang digunakan sebagi model pembelajaran dan pengajaran matematika melalui tindakan kelas. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu pengajaran yang dipaku/dipasang dipapan seperti, tangan karet, kartu, lembar kerja siswa berupa simpul kertas, kertas trasparan, benang sipat, tiga bialh kayu, yang semuanya dapat digunakan sebagai model dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu pengajaran yang beberapa diantaranya digunakan sebagai model pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan beberapa pengajaran dengan alat bantu menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam melakukan peningkatan worksheet sesi jawab pertanyaan dan diskusi banyak siswa yang bertanya dan lebih aktif.
Keberhasilan proses belajar mengajar di Matematika tidak jauh dari peran guru sebagai infomator, komunikator, dan fasilitator. Karena itu guru harus membuat pelajaran matematka menjadi hal yang menarik dan tidak lagi meyeramkan untuk siswa.
Di paper ini dijelaskan bahwa metode mengajar dengan menggunakan alat bantu sangat bermanfaat dalam meningatkan motivasi siswa belajar matematika. Dengan alat bantu belajar siswa, hasil pengamatan meperlihatkan minat siswa sangat tinggi dengan keaktifan siswa dalam mengerjakan lembar kerja siswa dan mengacungkan tangan mereka baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Jadi para guru harus menggunakan metode yang variatif dan selalu menggunakan batuan demonstrasi optimal untuk menjelaskan konsep, ide, definisi atau prosedur tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar